MUSYAWARAH DESA KHUSUS PENETAPAN PENERIMA BLT DD DANA DESA TAHUN 2024

sekretariat_sidomulyo 11 Januari 2024 11:05:16 WIB

Dalam rangka pelaksanaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Sidomulyo Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek pada hari ini Kamis , 11 Januari 2024 Pukul 09.00 WIB bertempat di Balaidesa Sidomulyo. Telah diselenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) Khusus Insidentil pembahasan kegiatan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2024 yang dihadiri oleh wakil utusan dari masyarakat Desa Sidomulyo serta unsur lain yang terkait.

 Dalam Musdesus ini , BPD selaku Pimpinan Rapat dan Pemerintah Desa Sidomulyo selaku narasumber menjelaskan beberapa point penting. Dalam sambutanya, WAHYONO Selaku Kepala Desa Sidomulyo menjelaskan “Dasar hukum penentuan BLT DD yang berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa. Dalam kriteria umum penentuan KPM BLT DD Tahun 2024 harus memperhatikan beberapa ketentuan sesuai PMK diantaranya: 

a. Keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga desil 1 Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE);

b. Dalam hal Desa tidak terdapat daftar penduduk miskin yang terdaftar dalam keluarga desil 1 sebagaimana dimaksud pada pasal 3 poin a, Desa dapat menetapkan keluarga sasaran penerima manfaat BLT DD dari keluarga yang terdaftar dalam keluarga desil 2 sampai dengan 4 Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE);

c. Dalam hal Desa tidak terdapat data penduduk miskin yang terdaftar dalam desil 1 sampai dengan 4 Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE), Desa dapat menetapkan calon Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) berdasarkan kriteria :

1. Kehilangan mata pencaharian;

2. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis/dan atau difabel;

3. Tidak menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH); atau

4. Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

Beberapa poin ini lah yang menjadi dasar Musdesus kali ini” tuturnya.

dalam penentuan kriteria KPM BLT DD Tahun 2024 harus memperhatikan Desil dari setiap KPM yang termasuk dalam Data P3KE dan kriteria tambahan yang jika ada KPM tidak terdapat dalam desil 1 sd 4. Data Desil 1-4 yang diperoleh sebagai dasar P3KE merupakan data hasil verval sensus Regsosek 2022 yang mana data tersebut sudah di akumulasikan menjadi 1 data dan data di distribusikan oleh Dinas terkait” tuturnya saat menjelaskan kepada peserta musdesus.

Komentar atas MUSYAWARAH DESA KHUSUS PENETAPAN PENERIMA BLT DD DANA DESA TAHUN 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sidomulyo

tampilkan dalam peta lebih besar