PELAKSANAAN SUB PIN POLIO (PEKAN IMUNISASI NASIONAL)2024

sekretariat_sidomulyo 17 Januari 2024 10:37:54 WIB

SEDOMULYO– Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Polio. Penyakit polio lebih banyak menyerang anak usia dibawah 5 tahun, meski demikian sebenarnya usia berapapun bisa terinfeksi polio. 

Polio sangat mudah menyerang orang-orang yang belum mendapatkan vaksin polio

Polio sangat menular. Virus masuk ke tubuh melalui mulut dan mengifeksi saluran usus dapat ditularkan melalui paparan kotoran pengidap polio, percikan ludah saat pengidapnya bersin atau batuk, dan melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi kotoran atau percikan yang mengandung virus polio.

Polio bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Virus polio masuk ke tubuh dan memasuki aliran darah dan mengalir ke sistem saraf pusat, sehingga melemahkan otot dan menyebabkan kelumpuhan.

Polio menyebabkan kecacatan permanen. Polio tidak bisa disembuhkan, hanya dapat dicegah.

 Untuk menanggulangi kasus polio ini, pemerintah mengeluarkan surat edaran pelaksanaan Sub PIN Polio (Pekan Imunisasi Nasional).

 

Di Desa Sidomulyo, Sub PIN Polio serentak dilakukan pada Hari Rabu tanggal 17 Januari 2024 dengan sasaran anak usia 0 – 7 tahun 11 bulan 29 hari. Sub PIN Polio bisa didapatkan di , posyandu, SD/MI sederajat, dan di Tk/Paud. Setiap anak akan mendaptakan 2 tetes vaksin polio jenis nOPV2 (Novel Oral Polio Vaccine Tipe 2). Vaksin diberikan tanpa memandang status imunisasi anak sebelumnya.

 

Diharapkan partisipasi dari orang tua dan masyarakat Desa Sidomulyo untuk membawa anak menerima 2 tetes manis vaksin polio, agar anak kita terhindar dari polio.

Komentar atas PELAKSANAAN SUB PIN POLIO (PEKAN IMUNISASI NASIONAL)2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sidomulyo

tampilkan dalam peta lebih besar