BUKA BERSAMA "TPA HIDAYATULLAH"

sekretariat_sidomulyo 12 Juni 2018 16:40:26 WIB

Sidomulyo,

Senin 27 Ramadhan 1439 H, bertempat di Masjid Hidayatullah RT 09 RW 04 Desa Sidomulyo dilaksanakan kegiatan buka bersama. Kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus Taman Pendidikan AL-Qur'an (TPA) Hidayatullah itu berjalan lancar. Dari 43 santrinya hadir semua beserta orang tuanya dan masyarakat sekitar RT 09 RW 04. Soimin selaku ketua penyelenggara yang merupakan penanggungjawab TPA dan ketua TA'mir Masjid, mengungkapkan pentingnya kegiatan buka bersama ini, yang mana kegiatan ini sudah menjadi agenda rutinan disetiap bulan Ramadhan. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keakraban, silaturahmi diantara para santri dengan orang tua dan masyarakat sekitar. Hadir pula Sutarno selaku Kasi Pemerintahan Desa Sidomulyo, yang memberikan tausiah tentang hikmah puasa Ramadhan, dan pentingnya Taman Pendidikan Al-Qur'an untuk generasi mendatang.

Sementara Pemerintah Desa Sidomulyo yang dipimpin oleh Kepala Desa Wahyono terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan yang menjadi kewenangan Pemrintah Desa, baik Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA), maupun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun dikarenakan jumlahnya yang cukup banyak maka sampai saat ini belum terwujud harapan dari Pemerintah Desa tersebut.

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) adalah unit pendidikan non-formal jenis keagamaan berbasis komunitas muslim yang menjadikan al-Qur’an sebagai materi utamanya, dan diselenggararakan dalam suasana yang Indah, Bersih, Rapi, Nyaman, dan Menyenangkan sebagai cerminan nilai simbolis dan filosofis dari kata TAMAN yang dipergunakan. TPA/TPQ bertujuan menyiapkan terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap al-Qur’an sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan rujukan segala urusannya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap al-Qur’an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya, dan memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari. (Depag)

Melihat pengertian tersebut, maka peran dan keberadaan TPA/TPQ berkesesuaian dengan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Terdapat sembilan pilar karakter yang berasal dari nilai-nilai luhur universal, yaitu: pertama, karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya; kedua, kemandirian dan tanggungjawab; ketiga, kejujuran/amanah, diplomatis; keempat, hormat dan santun; kelima, dermawan, suka tolong-menolong dan gotong royong/kerjasama; keenam, percaya diri dan pekerja keras; ketujuh, kepemimpinan dan keadilan; kedelapan, baik dan rendah hati, dan; kesembilan, karakter toleransi, kedamaian, dan kesatuan. (Prof. Dr. Suyanto, Ph. D, 2010)

Komentar atas BUKA BERSAMA "TPA HIDAYATULLAH"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sidomulyo

tampilkan dalam peta lebih besar